Home » Uncategorized » Install Atom text editor di Ubuntu 14.04

Install Atom text editor di Ubuntu 14.04

atomtexteditor_logo

Assalamu’alaikum wr.wb

Berjumpa kembali dengan saya di blog sang pemimpi,oke kali ini saya akan mencoba menginstall Atom text editor di ubuntu saya,saya menggunakan ubuntu 14.04.

Sebelumnya apa itu atom text editor? atom text editor adalah sebuah text editor yang memiliki lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows.Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file configurasinya.Sumber : (belajarngoding.com/review-tentang-atomtexteditor/).

Saya masih baru mencoba atom ini sebelumnya saya lebih suka menggunakan Sublime text ya karena menurut saya lebih nyaman dan lebih ringan  dengan sublime saat melakukan coding atau untuk sehari-hari. saya tidak akan panjang lebar membahas perbandingannya karena pada artikel ini akan di khususkan tentang cara penginstalannya saja.

Jika kita ingin menggunakan Atom Text Editor ini kita bisa mengunduhnya dari tautan berikut ini download Atom.Jika kalian mengguakan paket .deb cara menginstallnya adalah dengan cara berikut :

  • Pastikan kamu sudah didalam direktory file download atom misal

cd /home/hadi/

  • Karena paketnya .deb jadi perintah nya sebagai berikut

dpkg -i nama-paket.deb

Dan jika kalian ingin menginstall melalui repository ppa langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Tambahkan repository terlebih dahulu

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/atom

  • Update repository kalian

sudo apt-get update

  • Jika proses update sudah selesai  langsung ke proses installasi

sudo apt-get install atom

Proses cukup lama tergantung koneksi kalian,dan jika sudah berhasil maka tampilannya akan seperti berikut ini

atom.png

Sumber : https://codeforgeek.com/2014/09/install-atom-editor-ubuntu-14-04/

Mungkin sekian dahulu artikel ini, semoga bermanfaat jika ada kesalahan, kritik, saran atau pun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Wasalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

