Cara Memformat Flashdisk di Linux

Assalamu’alaikum wr.wb

Selamat datang di blog tukangngipi kali ini saya akan menuliskan tentang cara memformat flashdisk di sistem operasi linux.Saat saya membuat postingan ini saya menggunakan Grombyang OS 2.0,yang sebelumnya saya menggunakan Backbox linux 4.7 .

Artikel ini dibuat untuk membantu pengguna baru linux “termasuk saya” yang sedang kebingungan ingin memformat flashdisk,berbeda dengan window* jika kita ingin melakukan format kita hanya tinggal klik kanan pada flashdisk lalu pilih format.

Berikut ini adalah salah satu cara memformat flashdisk di linux,

  • Langkah pertama pastikan flashdisk kalian sudah tertancap pada laptop.
  • Carilah letak flashdisk kalian dengan perintah berikut
  • fdisk -l

11

  • Ini adalh flasdisk milik saya

2

  • Langkah selanjutnya adalah melakukan unmount flashdisk yang akan di format dengan perintah berikut,
  • umount /dev/sdb1 #sdb1 mengikuti nama device kalian

3

  • Untuk melakukan format gunakan perintah berikut,
  • mkfs.vfat /dev/sdb1 atau mkfs.vfat -n ‘nglinuxsek’ /dev/sdb1

‘nglinuxsek’ ini keterangan nama flashdisk setelah diformat nama terserah kalian.

4

Sekian artikel kali ini mengenai cara memformat flashdisk semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Sumber :

ebook panduan grombyang OS

Leave a Reply

