Adapter Pada VirtualBox

Assalamu’laikum Wr.Wb

Mikrotik ,artikel kali ini melanjutkan artikel sebelumnya mengenai mikrotik routerOS.Pada artikel ini dan selanjutnya saya akan mencoba menulis artikel mengenai mikrotik yang pernah saya pelajari saat masih duduk di bangku sekolah menengah.Sebelumnya saya ini hanya seorang yang tidak bersertifikat dengan tingkat pemahaman alakadarnya jadi mohon maaf jika banyak kesalahan mohon koreksinya mastah.

Semua yang saya tulis ini sesuai dengan pemahaman saya dan mungkin akan berbeda dengan pemahaman yang benar.

Pada artikel ini saya akan berfokus dalam penggunaan mikrotik routerOS pada mesin virtualbox,artikel ini saya tujukan untuk kalian yang ingin mempelajari mikrotik namun kekurangan biaya seperti saya,memang penggunaan routerOS tidak bisa semaksimal jika menggunakan routerboard mikrotik tetapi setidaknya kalian sedikit termotivasi untuk mempelajari mikrotik.

Adapter, jika pada routerboard kita mengenal port ether 1,ether 2 dan seterusnya (meski pun nantinya namanya juga ether juga sih) pada routerOS dalam virtualbox ini kita akan mengenalnya beberapa nama adapter/interface,dengan fungsinya masing-masing.

Saya akan mengenalkan beberapa adapter yang nantinya akan kita gunakan pada artikel berikutnya dan seterusnya,antara lain sebagai berikut :

1

Bridged Adapter

Internal Network

Host-Only Adapter

Mari kita pahami satu persatu :

Bridged Adapter : Bridge atau jembatan, adapter penjembatan adapter ini akan menjembatani kita untuk mendapat akses internet atau memberikan routerOS kita koneksi internet yang berasal dari laptop kita atau system yang sedang kita pakai.Bisa melalui adapter lan maupun wlan kita.

Internal Network : Sesuai dengan namanya yaitu internal,adapter ini berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan setiap system yang kita pasang di dalam virtualbox dengan limit tertentu,maksudnya tidak semua interface setiap system dapat terhubung.

Host-Only Adapter : Host disini yang dimaksud adalah system yang sedang kita pakai (Os laptop kita) jadi adapter ini dapat berfungsi untuk menghubungkan routerOS dengan adapter laptop kita.

Sekian artikel kali ini,mohon maaf jika ada kesalahan dan banyak membingungkan silahkan komen dibawah atau inbox saya melalui akun facebook.Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Wassalamu’laikum Wr.Wb

Leave a Reply

