Home » jaringan » Cara Membagi Koneksi Internet ke VirtualBox (Internet Access)

Cara Membagi Koneksi Internet ke VirtualBox (Internet Access)

Assalamu’alaikum Wr.wb

Setelah beberapa hari bahkan minggu saya telat update artikel lanjutan tentang mikrotik,kali ini saya akan bahas tentang membagi akses internet ke mesin virtual box.Bagi kalian pembaca yang baru bergabung dan pembaca artikel di blog ini ,artikel mikrotik di blog ini akan full menggunakan RouterOS mikrotik dan tidak menggunakan mikrotik routerboard karena artikel ini saya dedikasikan untuk kalian yang ingin belajar mikrotik tapi tidak mempunyai router mikrotik seperti saya dulu waktu masih bersekolah (TKJ 2015),jadi jangan menyerah untuk belajar karena masih ada cara lain biarpun tidak memiliki router mikrotik di rumah,ya meskipun fiturnya tak selengkap router karena kita memasangnya pada virtual box fitur pertama yang tidak aktif adalah wireless setau saya hanya ini,tapi jika kalian memasang routerOS pada pc kalian dan pc kalian memiliki interface wlan maka fitur wireless akan aktif seperti pada router mikrotik.

Adapter atau interface ,pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai adapter pada virtual box.

Adapter pada virtual box

Cara Install Mikrotik routerOS

Mari kita masuk ke pokok cerita,silahkan sebelumnya baca artikel diatas.Pada artikel ini saya akan menggunakan interface  bridge atau bridge adapter pada virtual box.Virtual box menyediakan 4 adapter untuk satu system yang terpasang,pada gambar dibawah terdapat 3 adapter yang dapat kita bridge kan dengan routerOS kita.

2

  • Remote NDIS based internet sharing device : ini adalah interface dari tathering dari hp saya melalui kabel usb.
  • PCIe family : ini adalah interface lan laptop saya.
  • PCI-e wireless LAN : ini adalah interface dari wlan card laptop saya.

3

Dari ketiga interface di atas saya baru mencoba 2 yaitu remote NDIS dan PCI-e wireless LAN,silahkan pilih salah satu dari kedua interface tersebut lalu simpan atau save.Setelah selesai menyimpan silahkan start atau mulai routerOS kalian.Sebelumnya routerOS kita belum mendapat akses internet mari kita melakukan setting agar kita mendapat akses internet.

Kali ini kita akan menggunakan fitur DHCP Client ,kenapa DHCP Client? Sebenarnya tidak harus hanya saja jika menggunakan fitur ini kita lebih mudah dalam mengkonfigurasi routerOS,bagaimana jika saya menggunakan koneksi wifi dan pada wifi tersebut fitur DHCP Servernya tidak aktif? Jika kalian menggunakan wifi dan fitur Dhcp Server tidak aktif kalian bisa ,mengkonfigurasi secara static.

Mari kita mulai konfigurasinya,pastikan laptop kalian sudah mendapat akses internet entah dari modem/wifi/tathering hp ,log in routerOS dan winbox kalian,

  • Pilih Ip -> lalu pilih dhcp client

dhcp client

  • Pilih add (+) -> pilih interface yang akan kita gunakan sebagai interface pengakses internet atau wan (terserah enak nyebutnya apa).
  • Disini saya menggunakan ether1 saya
  • Centang use peer dns dan use peer ntp fungsi dari kedua opsi ini adalah routerOS kita akan otomatis mendapat settingan dns dan ntp dari si modem/wifi yang kita gunakan sebagai sumber internet.
  • Apply -> ok

dhcp 2

Pada gambar dibawah kita sudah berhasil mendapat ip,tunggu beberapa saat sampai kita mendapatkan ip,dan jika kalian membuka setting Dns (IP -> DNS) maka dns otomatis terisi dari proses dhcp client tadi,jangan lupa centang allow remote (apply lalu ok)

dhcp 3

Jika sudah selesai mari kita test apakah routerOS kita sudah bisa dan mendapat akses internet,buka terminal lalu ketik ping (target) misal ping google.com (enter),untuk menghentikan proses ping tekan ctrl+c.

tes

Sekian artikel kali ini,mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan ,saya sudah mengusahakan bahasa yang mudah dan jelas agar kalian mudah memahami tulisan saya ini.Cara ini dapat kalian gunakan jika menggunakan sumber koneksi tathering/modem usb/wifi.

Wassalamu’alaikum wr.wb

RAS TERLEMAH MANUSIA ADALAH MEREKA YANG MENGGUNAKAN ARTIKEL ORANG LAIN TIDAK DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN BELAJAR DAN SUMBER ACUAN BLOG TETAPI MENGGUNAKANNYA SEBAGAI SUMBER COPY PASTE HANYA UNTUK MENDAPAT TRAFIK BLOG DAN MENCARI UANG BELAKA,SEMOGA ADZAB TUHAN KELAK DIBERIKAN KEPADA MEREKA PENGCOPAS ARTIKEL . 🙂

 

 

Leave a Reply

