Cara Remote Modem ZTE F609 v1 – static routing mikrotik

Cara Remote Modem ZTE F609 v1 – static routing mikrotik

Assalamu’alaikum wr.wb

pertama tama mohon maaf artikel debian belum sempat rampung dan saya lama tidak posting atau nulis di blog karena masih sibuk akan kerjaan.

kali ini saya ingin berbagi tentang cara agar kita dapat meremote modem zte f609 bekas indihome untuk keperluan akses point pada jaringan rt/rw net.

zte static

topologi jaringan alakadarnya semoga bisa dipahami,latar belakang artikel ini adalah saya seorang anak kampung yg sedang belajar mengenai sharing koneksi internet ke tetangga, pada kasus ini saya memakai rb750gr3 sebagai router utama,lalu menggunakan rb omnitik sebagai AP dengan mode AP BRIDGE, disisi user saya menggunakan rb ldf5 sebagai station ROUTE dan ZTE f609v1 sebagai akses point indor.

sampai topologi ini saya jalankan tidak ada maslah pada koneksi internet,sampai saat user lupa password wifinya dan saya bingung untuk meremot si ZTE dari rumah dan tidak bisa karena remote web nya belum aktif.

pada saat itu karena mendesak saya datang kerumah user untung dekat coba kalo agak jauhan,inilah keperluan mengaktifkan fitur remote web agar kita dapat memantau atau monitor modem user.

proses belajar pun saya mulai dengan browsing di internet bagaimana cara meremote modem zte f609 itu sendiri,namun semua artikel yg saya dapati semua nya dengan port forwarding mode PPOE dan masalahnya saya memakai statis ip address.

hasilnya ya gagal alias gak bisa saya praktekkan di lapangan,akhirnya saya mencoba bertanya pada forum rt/rw net dan mendapat 2 jawaban atau solusi, Pertama yaitu port forwading dan yang kedua adalah static routing.

Akhirnya saya aplikasikan cara kedua yaitu statik routing.

Pada sisi Station :

2

Ldf5 kali ini menggunakan mode station router jadi dia sebagai router atau pembagi dan dan mengaktiffan dhcp server untuk ztenya.

Pada firewall nat kosongi out interface dan letakkan setingan nat pada baris teratas.

Pada sisi Rb pusat :

3

kita tambahkan statik routing pada tab IP – Route,Pada dst address isikan ip destinasi dari si zte user ,lalu pada gateway isi ip ldf5 atau antena si user kemudia applay dan oke,

Selanjutnya silahkan meremote modem user melalui web browser. jika ip wifi 172.168.1.0/24 dan disini saya memberi ip 172.168.1.2 untuk ip ztenya dan 172.168.1.3-xxx untuk ip dhcp client.

jika ada pertanyaan silahkan komen di bawah atau hubungi saya melalui telegram t.me/masgombloh

Sekian artikel kali ini semoga beranfaat,Wassalamu’alakum wr.wb

 

10 tanggapan untuk “Cara Remote Modem ZTE F609 v1 – static routing mikrotik

Tinggalkan komentar